Wednesday, May 27, 2020

Pasar Persaingan Sempurna


Suatu pasar terdiri dari seluruh perusahaan dan individu yang ingin dan mampu untuk membeli serta menjual suatu produk tertentu. Karakteristik pasar yang paling mendasar adalah jumlah dan ukuran distribusi para pembeli dan penjual serta tingkat difrensiasi produk. Secara tradisional, pasar dapat dibagi menjadi empat macam, yaitu pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar persaingan monopolistik, dan pasar oligopoli.

1.      Pengertian Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan Sempurna (perfect competition) adalah struktur pasar yang ditandai oleh jumlah pembeli dan penjual yang sangat banyak. Transaksi setiap individu (pembeli dan penjual) sangat kecil dibandingkan output industri total sehingga mereka tidak bisa mempengaruhi harga produk tersebut. Para pembeli dan penjual secara individual hanya bertindak sebagai penerima harga (price takers). Tidak ada perusahaan yang menerima laba di atas normal dalam jangka panjang dalam pasar persaingan sempurna.

2.      Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna memiliki ciri-ciri tersendiri yang membedakan dengan perusahaan lain. Adapun ciri-ciri pasar persaingan sempurna antara lain:
a.       Jumlah Penjual dan Pembeli Banyak
Jumlah produsen dan konsumen dalam pasar sangat banyak, sehingga kemampuan setiap produsen dan konsumen dalam pasar sangat kecil, dan bahkan tidak dapat mempengaruhi pasar. Setiap perusahaan dalam pasar persaingan sempurna hanya menghasilkan suatu bagian yang sangat kecil dibandingkan jumlah output industri secara keseluruhan, dan setiap pembeli hanya membeli suatu bagian yang sangat kecil pula dari output total tersebut.
b.      Produk yang Homogen
Yang dimaksud dengan produk homogen adalah produk yang mampu memberi kepuasan kepada konsumen tanpa mengetahui siapa produsennya. Jadi konsumen tidak membeli merek produk tetapi membeli kegunaan barang atau jasa. Oleh karena itu semua perusahaan diasumsikan menghasilkan produk yang sama, dengan kualitas dan karakteristik yang sama.
c.       Penyebaran Informasi yang Sempurna
Para pelaku pasar (produsen dan konsumen) memiliki pengetahuan yang sempurna tentang harga, dan kualitas yang produk yang dijual. Dengan demikian produsen dan penjual hanya menghadapi satu harga dan kualitas dari produksi yang diperjualbelikan di pasar.
d.      Perodusen dan Konsumen Menerima Harga
Konsekwensi dari banyaknya produsen dan konsumen dalam pasar, maka baik produsen maupun konsumen tidak dapat mempengaruhi harga pasar. Jadi produsen dan konsumen hanya dapat menyesuaikan diri dengan harga pasar yang ada atau penerima harga (price taker).
e.       Bebas keluar-masuk pasar
Dalam pasar persaingan sempurna masing-masing penjual dan pembeli bebas untuk melakukan atau tidak melakukan aktivitas jual beli, Apabila seorang penjual tidak dalam melakukan aktivitas jual beli tidak akan mengakibatkan naiknya harga produk di pasar, karena jumlah produk yang dijual oleh penjual tersebut relatif sangat kecil dibanding jumlah produk yang diperjualbelikan.
Kelima syarat pokok ini, diperlukan untuk adanya struktur pasar persaingan sempurna. Oleh karena itu pasar persaingan sempurna hampir tidak ditemukan di dalam dunia nyata. Meskipun demikian, untuk beberapa perusahaan, keputusan-keputusan penentuan harga harus dibuat dalam keadaan di mana mereka tidak punya kendali sama sekali atas harga.

3.      Permintaan dan Penghasilan pada Pasar Persaingan Sempurna
Dalam pasar persaingan sempurna kurva permintaan yang dihadapi oleh perusahaan adalah horizontal (mendatar). Hal ini disebabkan karena semua pemain (baik penjual maupun pembeli) di pasar ini adalah pengikut harga (price taker) sehingga perubahan output perusahaan tidak terlalu mempengaruhi harga. Untuk lebih memahami perhatikan gambar berikut ini.
Gambar 1. Kurva Permintaan dan Penerimaan pada Pasar Persaingan Sempurna
     Pasar / Industri                   Perusahaan
Keterangan gambar:
a.       Kurva permintaan industri memiliki kemiringan yang negatif. Pada industri yang bersaing harga keseimbangan terjadi pada saat Rp2.500,00 dan output-nya aalah 100 unit.
b.      Kurva permintaan perusahaan berbentuk mendatar. Pada perusahaan penerima harga akan menerima tingkat harga pasar apa adanya. Di mana perubahan output perusahaan secara persentase hanya berakibat sangat kecil pada output industri.

Daftar Pustaka
Akhmad. 2014. Ekonomi Mikro Teori dan Aplikasi di Dunia Usaha. Yogyakarta: ANDI.
Pracoyo, Tri Kusnawangsih dan Antyo  Pracoyo. 2006. Aspek Dasar Ekonomi Mikro. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Pasar Persaingan Sempurna

Suatu pasar terdiri dari seluruh perusahaan dan individu yang ingin dan mampu untuk membeli serta menjual suatu produk tertentu. Karakteri...